Rabu, 15 Mei 2013

Rekapitulasi KPU: Pilgub Sumut, pasangan 'Ganteng' menang 33%

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) merekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Sumut di Hotel Grand Angkasa Medan, Jumat (15/3) petang. Dari data yang masuk, pasangan nomor urut 5 Gatot Pujo Nugroho - Tengku Erry Nuradi (Ganteng) memenangi Pilgub yang digelar 7 Maret lalu.

Pasangan Ganteng memperoleh 1.604.377 suara atau 33 % dari 4.861.467 suara sah. Mereka disusul Pasangan nomor urut 2 Effendi Simbolon - Jumiran Abdi (ESJA) yang mendapatkan 1.183.187 (24,34 %) suara. Pasangan nomor urut 1 Gus Irawan Pasaribu - Soekirman (Gusman) memperoleh 1.027.433 (21,13%) suara.

Selanjutnya, pasangan nomor urut 4 Amri Tambunan - RE Nainggolan (Amri RE) mendapat 594.414 (12,23 %) suara; dan pasangan nomor urut 3 Chairuman Harahap - Fadly Nurzal (Charly) dengan 452.096 (9,3 %) suara.

Pasangan Ganteng menang di 16 kabupaten/kota dari 33 kabupaten/kota di Sumut. Mereka unggul di Kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Kabupaten Deliserdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Mandailing Natal, Nias Selatan, Tapanuli Tengah, Pakpak Bharat, dan Langkat.

Pasangan ESJA unggul di 13 kabupaten/kota, yaitu di Kota Pematang Siantar, Gunung Sitoli dan Sibolga serta Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Simalungun, Toba Samosir. Samosir, Karo, dan Dairi.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara ini belum ditetapkan. Saksi pasangan calon diberikan kesempatan untuk mengomentari penghitungan ini.

Sementara itu, pasangan Gusman hanya menang di Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Pasangan Charly menang di Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. Sedangkan pasangan Amri RE tidak menang di daerah mana pun.

Rekapitulasi penghitungan suara ini tidak dihadiri pasangan calon. Tiga pasang kursi yang disiapkan untuk kandidat diisi 4 orang tim sukses. Sedangkan 2 pasang kursi lainnya dibiarkan kosong. Namun, saksi dari seluruh pasangan calon hadir dalam kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar