Selasa, 21 Mei 2013

16 Negara Ikut Konferensi Internasional di Unimal

Universitas Malikussaleh bekerjasama dengan Harvard University Amerika Serikat terus melakukan persiapan penyelenggaraan konferensi internasional tentang Aceh dan Kawasan Lautan Hindia ke-4. Konferensi ini bakal digelar di Kampus Unimal, Lhokseumawe, pada 8-10 Juni mendatang.

“Konferensi ke-4 ICAIOS kali ini akan menampilkan 60 makalah dari 16 negara dan rencananya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah,“ jelas Ketua Panitia Mohd Heikal dalam keterangan pers.

Pada konferensi ini panitia akan menghadirkan 4 orang keynote speaker (pembicara kunci) dari 3 negara. Dari Indonesia ada dua yakni Menkopolhukam RI Djoko Suyanto dan Kepala UKP4 RI Kuntoro Mangkusubroto. Selanjutnya Prof Mary Jo dari Amerika Serikat dan Prof Michael Feener dari National University of Singapore.

“Selain keynote speaker, juga ada pembicara tamu seperti Adnan Ganto sebagai Komisaris Morgan Bank Ltd Zurich Swiss yang juga dewan penasehat Unimal, Prof. Kamaruzzaman Askandar dari?Universiti Sains Malaysia, Prof. Byron J. Good dari ?Harvard University Amerika Serikat, Prof. Yusny Saby? dari IAIN Ar-Raniry dan Dr. Saleh Sjafei? dari Syiah Kuala University,” sebutnya.

Konferensi ICAIOS ke-4 ini mengambil tema Beyond Reconstruction: Social Recovery on Post-Conflict and Post-Disaster Society, dengan membahas tentang perubahan sosial politik pemerintahan dan hukum, rekonsiliasi budaya dan agama, psikososial, gender keterwakilan dan partisipasi, sosial ekonomi lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Selain kegiatan inti tersebut, sebut Heikal, juga ada tambahan kegiatan yang sifatnya mendukung program pemerintah Aceh tentang Aceh Visit Year dengan memanjakan sebagian peserta dengan Aceh Historical Tour (wisata sejarah Aceh) dan poster exhibition on ‘Islam, Trade and Politics across the Indian Ocean’ dan pemutaran film dokumenter berbasis antropologi.

Pendaftaran Peserta

Konferensi ICAIOS ini terbuka untuk umum. “Siapa saja bisa menjadi peserta, baik dari kalangan birokrat, pengusaha, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya dengan cara mendaftar di sekretariat ICAIOS pada Pascasarjana Unimal Lhokseumawe maupun di kantor ICAIOS Banda Aceh hingga 25 Mei ini,” jelas Heikal. Dan untuk informasi lebih lanjut bisa diakses di www.icaios2013.acehresearch.org.[

Tidak ada komentar:

Posting Komentar