Sabtu, 23 Juli 2011

Aisyah, Kepala SMA Berprestasi Tingkat Aceh

BANDA ACEH - Kepala SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh, Dra Hj Aisyah M Ali MPd, terpilih sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Aceh Tahun 2011 setelah memenangi serangkaian lomba yang berakhir Kamis (21/7) malam di Banda Aceh.  Sedangkan Drs Bukhari, Kepala SMP Negeri 1 Banda Aceh meraih peringkat pertama untuk jenjang SMP/MTs. Untuk tingkat SD, juara pertama ditempati Hamdani M SPd, Kepala SD Negeri 10 Bireuen. Sedangkan juara pertama untuk jenjang Taman Kanak-kanak (TK) diraih Surbiani dari TK Negeri Pembina Aceh Tengah.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Zulkifli Saidi Namploh yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Bakhtiar Ishak mengingatkan kepada para juara untuk terus berbenah diri. “Sebagai wakil Aceh, kita harus mau berguru pada mereka yang sukses di lomba tingkat nasional,” ujar Zulkifli S Namploh, Jumat (22/7) kemarin. Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir ada tiga kepala sekolah asal Banda Aceh yang meraih juara II nasional, masing-masing Drs Syarifuddin Ibrahim (Kepala SMAN 1), Dra Faridah Ibrahim (Kepala SMPN 19 Percontohan), dan Dra Hj Kasumi Sulaiman (Kepala SMPN 6 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional,” katanya.

Keberhasilan Aisyah M Ali menjuarai Lomba Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh, tidak terlepas dari kemampuannya dalam memenej sekolah yang ia pimpin. Alumnus IAIN Ar-Raniry tahun 1988 dan menyelesaikan S2-nya di FKIP Unsyiah tahun 2004 ini, hingga saat ini telah mengepalai tiga SMA di Banda Aceh. Sebelum tsunami 26 Desember 2004, wanita kelahiran Aceh Besar 14 September 1959 ini pertama kali dipercaya menjadi Kepala SMA Negeri 6 di Lamjabat Ulee Lheue. Di sekolah ini, Aisyah meraih sebagai juara I penyelenggara pendidikan agama tingkat nasional. Dari situ, Aisyah kemudian dipercayakan mengepalai SMA Negeri 10 Fajar Harapan, menggantikan Abdul Aziz yang meninggal akibat tsunami. 



Di sekolah yang dibangun Pemko Banda Aceh dengan konsep boarding school ini, Aisyah M Ali mampu memperlihatkan kepiawaiannya dalam memenej sekolah unggul tersebut.  Sejumlah prestasi pun dipersembahkan siswa-siswa sekolah yang terletak di Batoh tersebut. Aufar, misalnya, keluar sebagai juara Olimpiade Sains di Moskow dan Zulfikar di Siberia.

Kecuali itu, untuk mendukung keberhasilan siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Aisyah tidak hanya berani mendatangkan guru tamu ke sekolah, tapi juga tak segan-segan membawa murid untuk praktik ke laboratorium di luar sekolahnya setelah bekerja sama dengan Fakultas MIPA Unsyiah. Ketua tim dewan juri seleksi kepala sekolah berprestasi, Saridin MPd ketika ditanya  kemarin mengaku apa yang dicapai Kepala SMA Negeri 9 Tunas Bangsa yang dikenal dengan “sekolah plus olahraga” itu sebagai sesuatu yang wajar.

Kecuali juara I yang akan mewakili Aceh ke lomba pemilihan kepala sekolah berprestasi tingkat nasional di Jakarta (12-18 Agustus 2011), panitia lomba juga menetapkan juara II dan III untuk masing-masing jenjang pendidikan. Sedangkan di sekolah yang dipimpinnya saat ini, Aisyah mampu mendidik muridnya, Rahmat, hingga masuk Tim Basket Indonesia ke Amerika Serikat dan Irfan ke lomba atletik tingkat Asia di Singapura, serta menyumbangkan sejumlah pesepakbola di tim Arafura Game.

Juara kedua TK, SD, SMP, dan SMA masing-masing tercatat Ainul Mardhiah SPd (TK Aisyah Bustanul Athfal Langsa), Fauziatul Halim SPd (Kepala SDN 50 Banda Aceh), Sulaiman SPd (SMPN 5 Seulimuem), dan Dra Sansrisna MSi (SMAS Sukma Bangsa Sigli). Sedangkan di peringkat ketiga masing-masing ditempati Suwaibah SPd (Kepala TK Raudhatul Jannah Bireuen), Cut Dandalina SPd (Kepala SDN 10 Percontohan Meulaboh), Sopar SPd (Kepala SMPN Kaway XVI Aceh Barat), dan Drs Hasan Basri (Kepala MAN Suak Timah Aceh Barat). (sir)

siapa aisyah m ali?
- Lahir 14 September 1959 di Aceh Besar
- S1 di Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, tamatan 1988
- S2 di FKIP Unsyiah, tamatan 2004
- Kepala SMAN 6 2002-2005
- Juara 1 nasional sekolah penyelenggara pendidikan agama Islam
- Kepala SMAN 10 Fajar Harapan 2005-2008
- Kepala SMAN 9 Tunas Bangsa 2008-sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar