Rabu, 15 Mei 2013

Pemkab Sergai Gelar Seminar Pendidikan Politik

Menyambut pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum legislatif (Pileg) tahun 2014 dan Pilpres tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat menggelar Seminar Pendidikan Politik bagi masyarakat Kabupaten Sergai.

Seminar sehari menyambut pelaksanaan pesta demokrasi Pileg tahun 2014 dan Pilpres tahun 2015 diisi narasumber para pakar politik di Sumut itu dibuka Bupati Sergai Ir HT Erry Nurdi MSi diwakili Sekdakab Drs H Haris Fadillah MSi di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (14/5).

Bupati dalam sambutan tertulisnya dibacakan H Haris Fadilah mengemukakan negara Indonesia yang menganut sistem demokrasi tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan partai politik sebagai sarana arikulasi politik.

Demikian halnya dengan pelaksanaan pemilihan umum mulai dari pemilihan kepala desa sampai pemilihan presiden yang dilakukan langsung masyarakat untuk memilih pimpinan sesuai dengan kehendak dan aspirasinya.

Rangkaian proses Pemilu merupakan titik awal bagi kelanjutan pemerintahan Indonesia yang akan membawa perubahan untuk masa lima tahun kepemimpinan mendatang.

Karenanya, sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki kedewasaan politik sehingga menciptakan iklim masyarakat yang kondusif sehingga jauh dari terjadinya perpecahan dan konflik di tengah masyarakat.

Dan melalui kegiatan pendidikan politik tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat Sergai mengenai perkembangan politik di Indonesia sekaligus meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam kancah perpolitikan di daerah Sergai.

"Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pileg 2014 dan Pilpres 2015 mendatang,"ujar HT Erry Nuradi.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Sergai Drs Ramses Tambunan MSi melaporkan kegiatan ini diikuti para siswa tingkat menengah atas, berbagai organisasi masyarakat, kepemudaan, partai politik, tokoh masyarakat, agama, tokoh adat dan unsur pemerintah kecamatan.

Narasumber mengisi materi pada acara ini adalah Dr Warjio, pengamat politik Sumut dan Drs Rajin Sitepu yang merupakan Komisioner KPU Sumut.

"Para peserta mendapatkan nilai tambah pemahaman politik sehingga diharapkan akan lebih peka terhadap dinamika politik yang terjadi di tengah masyarakat,"kata Ramses. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar