Selasa, 21 Mei 2013

Janda dan Bocah Terbakar

LHOKSEUMAWE - Kebakaran yang terjadi di Bireuen dan Lhokseumawe menyebabkan seorang bocah dan seorang janda terbakar. di Bireuen, bocah perempuan berusia empat tahun terbakar. Sementara di Lhokseumawe, janda asal Desa Hagu Barat Laut Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe, terbakar saat hendak mengisi bensin ke tangki mobil menggunakan gembor.

Bocah yang terbakar di Lhokseumawe yakni Zahwa. Putri kelima pasangan Husni Harun dan Balqis, warga Meunasah Blang, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, itu disambar api saat menemani abangnya di depan rumah makan desa setempat, Senin (13/5), sekira pukul 16.15 WIB.

Kala itu, Madrikas (11), abang kandung Zahwa, membakar arang di angklung untuk bara bakar jagung di depan rumah makan dimaksud. Tanpa diduga, ketika Madrikas menyiramkan minyak tanah, api menyambar ke tubuh Zahwa. Akibatnya, sekujur tubuh bocah perempuan itu terbakar.

Sore itu juga, Zahwa dilarikan ke RSUD dr Fauziah. Beberapa jam setelah dirawat di rumah sakit tersebut, sekira pukul 19.30 WIB, Zahwa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Sementara terbakar di Lhokseumawe bernama Rohani (60). Tangan dan kaki janda ini terbakar saat hendak mengisi bensin ke tangki mobil menggunakan gembor.

Mulanya, Rohani hendak mengisi bensin menggunakan gembor. Karena mati lampu, Rohani menggunakan lilin sebagai penerang. Tiba-tiba, saat mengangkat minyak dalam gembor untuk diisi ke dalam tangki mobil, lilin yang ditaruh di rak jatuh ke dalam gembor tersebut.

Dalam waktu bersamaan, api langsung menyambar ke jeriken besar tempat penampungan bensin. Tangan serta kakinya langsung terbakar karena terkena tumpahan minyak. Warga yang duduk di teras rumah tetangga Rohani langsung menolong ketika mendengar Rohani menjerit kesakitan.

Sebagian warga langsung mengeluarkan barang dalam ruko Rohani. Sebagian lagi membawa Rohani ke tempat praktik mantri untuk mendapat pertolongan. Warga baru berhasil memadamkan api setelah dibantu dua armada Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemko Lhokseumawe.

“Setelah itu, ketika kami hendak menyimpan barang ke tempat lain, satu tabung gas 3 kilogram sudah dicuri,” kata Muhammad, keponakan Rohani, kemarin. Akibat kejadian itu, Rohani harus mengungsi ke rumah saudaranya untuk mendapat perawatan luka bakar.

Selain itu, di Aceh Utara, rumah berkontruksi kayu Maknawiyah (42) di Seulunyok, Kecamatan Nibong, ludes terbakar. Peristiwa itu terjadi sekira pukul 23.30 WIB. Diduga, api berasal dari korslet listrik.

Peristiwa itu terjadi ketika Maknawiyah tertidur pulas. Tiba-tiba, warga yang melintasi rumah tersebut melihat api membesar. Saat itu juga, warga menyelamatkan janda tersebut. “Tak ada yang sempat diselamatkan. Semua perabotan dalam rumah korban ludes,” kata Jafar, warga Nibong, kemarin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar