Minggu, 03 April 2011

Medan Banjir, Bandara Polonia Tetap Beroperasi

 Hujan deras yang mengguyur Kota Medan sepanjang Kamis (31/3/2011) hingga Jumat (1/4/2011), membuat sejumlah lokasi di ibu kota Sumatera Utara itu terendam banjir cukup parah. Kendati demikian, Bandara Polonia tetap dapat beroperasi secara normal. Pernyataan ini membantah kabar bahwa banjir menggenangi hingga runway bandara dan operasi penerbangan pun dihentikan.

"Kawasan bandara juga terkena imbas banjir, dengan lokasi yang
terendam antara lain wilayah perimeter termasuk apron dan taxyway," jelas General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) cabang Bandara Polonia Medan, Bram Baroto Ciptadi dalam keterangan resminya di Jakarta.

Dijelaskan, untuk Taxy Way D dan E serta Apron D, ketinggian air relatif tidak terlalu dalam. Pada Jumat siang, genangan air di ketiga lokasi tersebut terus menyurut. Sedangkan kondisi landasan pacu (runway) sendiri dalam kondisi aman, hanya teraliri air dan tidak sempat tergenang. Air mengalir lancar di bahu runway sisi kanan dan kiri.

"Karena itu, runway tetap bisa kita operasikan secara normal. Karena itulah bandara tidak kita tutup. Jadwal penerbangan tidak ada yang kita hentikan. Yang kondisnya parah justeru komplek perumahan karyawan. Ketinggian air di sana hampir sempat menyentuh atap rumah," imbuh Bram.

Bram menambahkan, banjir yang meluap di luar lokasi bandara sempat menghambat pergerakan penumpang yang hendak melakukan penerbangan dari Medan menuju kota lain. Hal tersebut terjadi karena akses jalan yang sempat terputus oleh genangan banjir.
Secara terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti Singayudha Gumay mengatakan, banjir tersebut memang sering dialami di Medan, namun hal itu biasanya cepat teratasi.

"Biasanya kalau banjir bisa langsung surut, dalam beberapa jam sudah kering lagi. Sejauh ini belum mengganggu," tandasnya.

Lebih jauh, Herry mengatakan, pemerintah segera memindahkan operasi bandara ke Bandara Kualanamu pada 2012 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar