Kamis, 15 September 2011

Tim Pembuka RAF Kolaborasi 3 Tarian

BANDA ACEH - Sebanyak 35 penari yang akan tampil pada pembukaan Rampoe Aceh Festival (RAF) 2011 di Taman Ratu Safiatuddin pada 17 September ini, hingga kemarin terus melakukan latihan. Mereka akan tampil dengan menggabungkan (kolaborasi) tiga tarian Aceh, Rapa’i Geleng, Seudati, dan Saman Gayo dengan konsep dimensi multiculturalisme dan reunivikasi.

“Muliculturalisme merupakan modivikasi tiga tarian yang akan tampil pada malam pembukaan Rampoe Aceh Festival 2011. Rapa’i Geleng mewakili pantai barat, Seudati dari pantai timur, dan Saman dari Gayo,” kata koreografi tarian tiga dimensi, Ayi Sarjev, yang juga Konsultan RAF 2011, kepada Serambi, kemarin.

Menurut Sarjev, ke 35 penari tersebut akan manggung sekaligus dengan menampilkan tiga tarian Aceh tersebut. “Tarian inilah yang akan menujukan apa itu Rampoe. kami berharap ke depan RAF yang rencananya akan digelar setiap tahun, akan ada tarian-tarian Aceh lainnya selain Rapai Geleng, Seudati, dan Saman,” kata Sarjev.

RAF 2011 akan berlangsung sejak 17-20 September 2011 di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriek. Dalam even itu ada tiga panggung. Masyarakat diberi pilihan untuk melihat ketiga tarian kebanggaan masyarakat Aceh yang akan ditampilkan sekitar 600 penari dari 23 kontingen perwakilan 23 kabupaten/kota di Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar