Kamis, 15 September 2011

Aktifitas Letusan Marapi Kembali Meningkat

Setelah sebulan lebih meletuskan abu Vulkanik dari kawahnya, gunung Marapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Agam dan Tanah Datar tersebut masih menunjukkan aktifitasnya. Dalam waktu tiga hari terakhir, aktifitas letusannya cendrung meningkat, namun masih berstatus waspada.


Ketua Pos pengamatan ke gunung apian Gunung Merapi, Warseno, di Belakang Balok Bukittinggi membenarkan kalau aktifitas Gunung Marapi dalam tiga hari terakhir cendrung meningkat. Walaupun sekitar gunung Marapi diselimuti kabut asap, tapi sesuai dengan yang tercatat di Seismograf kantor pengamatan jumlah letusan meningkat, walaupun kondisinya masih normal.


Terhitung semenjak tanggal Selasa (13/9), terang Warseno yang mulai menujukkan aktifitas yaitu pada Rabu (14/9) dimana terjadi hujan abu tipis yang melanda daerah sekitar gunung Marapi, tepatnya di daeran dekat dengan kawah, seperti Padang Panjang, Koto Baru. " Sesuai data yang kita lihat di Seismograf, memang sering terjadi letusan di sekitar puncak atau dekat kawah,"tambah Warseno.


Ditambahkan warseno, untuk Kamis (15/9) terhitung dari pukul 00.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB terdapat sebanyak 15 kali letusan yang tercatat di Seismograf. Namun yang bisa dilihat secara visual yaitu letusan abu Vulkanik pada pukul 06.24 WIB dan 06.27 WIB yang ketinggian asap abu Vulkanik mencapai 700 meter dengan mengarah ke Barat. " Kendala kita untuk memantau secara visual hanya karena ada kabut asap yang menutupi puncak gunung Marapi. ketika bisa diabadikan pada pagi, cuaca cukup cerah,"pungkas Warseno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar