Selasa, 13 Agustus 2013

Puluhan PNS Pemko Medan Absen

MEDAN-Hari pertama masuk kerja, pasca sepekan libur Lebaran Idul Fitri 1434 H, Senin (12/8), puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Medan mangkir. Meski secara keseluruhan tingkat kehadiran pegawai mencapai 90 persen, namun di beberapa instansi banyak pegawai yang masih mangkir tanpa alasan.

Pada apel pagi yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin MSi di Kantor Wali Kota Medan, dari 627 PNS, tercatat 5 orang absen tanpa alasan yang jelas, 17 orang cuti, 6 orang sakit, 2 orang tugas belajar dan 1 orang tugas di luar. Artinya yang hadir hanya 596 orang.

“Terhadap 5 pegawai yang absen tanpa keterangan tersebut, kita akan berikan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1980 tentang disiplin pegawai. Sementara untuk pegawai yang izin, kita juga akan melihat dan menyelidiki alasan izinnya, apakah karena sakit atau ada urusan mendesak yang bisa kita maklumi. Kalau tidak, maka kita juga akan menerapkan sanksi sesuai dengan aturan disiplin pegawai,” kata Plt Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin.

Untuk memantau tingkat kehadiran PNS di lingkungan Pemko Medan, telah dibentuk 10 tim guna melakukan sidak langsung ke lapangan. Tim tersebut mendatangi Kantor SKPD, Kantor Camat dan Kantor Badan lainnya. Data yang diperoleh tersebut akan diserahkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Medan.

Tim yang dipimpin Kepala Inspektorat Farid Wajedi bersama Sekretaris BKD Riswan, Kabag Orta Amran Rambe dan Kabag Perekonomian Danhar Siregar sidak ke Kantor Camat Medan Tembung, Medan Denai, Medan Area, Medan Amplas dan Kantor Dinas Pertanian dan Kelautan.
Di Kantor Camat Medan Tembung terdapat 1 orang PNS yang absen. Di Kantor Camat Medan Denai, tidak ada absen, tapi 1 orang berhalangan hadir karena sakit. Lalu di Medan Area, 6 orang absen dan 2 orang izin. Sedangkan di Kecamatan Medan Amplas terdapat 5 orang absen, 1 orang sakit dan 1 orang izin. Sementara di Distanla, 1 orang sakit dan 1 orang izin.

Tim yang dipimpin Kepala BKD Kota Medan Affan Siregar didampingi Inspektur Pembantu I Waskito Daulay, Kabid Kesdip BKD Ismail Sitompul dan Kasubbid Disiplin BKD Khairul Ahmad melakukan sidak ke Kantor Badan Pelayan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan, Dinas Pendapatan (Dispenmda), Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Medan.

Di Kantor BPPT, dari keseluruhan pegawai 84 orang, yang hadir hanya 78 orang. Terdapat 3 orang absen dan 3 orang izin. Di Kantor Dispenda, dari jumlah pegawai 344 orang, hadir 318, izin 20 orang dan mangkir 6 orang. Begitu juga di Dinas TRTB, jumlah pegawai seluruhnya 138 orang, hadir 129 orang, izin 2 orang dan mangkir 7 orang. Dinas Perkim, jumlah pegawai 77 orang, hadir 68 orang, izin 5 orang dan mangkir 4 orang. Disperindag, jumlah pegawai 95 orang, hadir 82 orang, izin 9 orang dan mangkir 4 orang. Sedangkan di BPM, jumlah pegawai 29 orang, mangkir 1 orang.

“Tingkat kehadiran pegawai dari 6 SKPD yang kami lakukan sidak tadi mencapai mencapai 90 persen. Bagi pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan alias mangkir akan segera kita berikan surat peringatan,” ujar BKD Medan, Affan Siregar kepada Sumut Pos, Senin (12/8).

Untuk data sementara, PNS yang paling banyak mangkir pasca libur Lebaran ada di Dinas TRTB Medan. “Untuk sementara memang yang paling banyak itu saat ini Dinas TRTB Medan yang paling banyak mangkir ada 7 orang. Kita belum tahu apa penyebab PNS di TRTB banyak yang mangkir,” paparnya.

Dijelaskannya, Pemko Medan sudah membentuk 10 tim guna melakukan sidak langsung ke lapangan. Data tersebut masih dari tiga tim, sedangkan sisanya masih ditunggu. “Kita membentuk 10 tim. Yang baru masuk tiga tim, yang lainnya belum. Mungkin besok (hari ini,Red) baru lengkap berapa PNS yang mangkir di seluruh instansi jajaran Pemko Medan. Seperti yang ke Belawan, kita belum tahu kapan mereka menyerahkan data,” ucapnya.

Terpisah, Camat Medan Selayang Zulfakhri Ahmadi, S.Sos
mengatakan, seluruh pegawai di kecamatannya hadir seluruhnya. “Tadi pagi (kemarin,Red) kita lakukan apel dikantor kecamatan .Setelah apel kita lakukan absensi. Hasilnya dari absensi itu ternyata semua pegawai masuk kerja,” kata Zulfakhri Ahmadi, S.Sos, Senin (12/8).
Hal senada juga diungkapkan Camat Medan Sunggal Syahrul Effendi Rambe, sejauh ini pegawai kecamatan Medan Sunggal baik kelurahan, hadir semua. “Jadi, hadir semua para pegawai kita,” katanya.

Sedangkan Camat Medan Barat Sutan Tolang Lubis, S.STP, MSP, mengatakan, ada empat orang pegawai kecamatan yang tidak hadir. Dirinya telah melaporkan keempat pegawainya tersebut ke pihak Tim Sidak Pemko Medan.

Sementara itu, tingkat kehadiran PNS DPRD Medan cukup tinggi. Dari 45 PNS di sekretariat tersebut, hanya 3 orang yang tidak hadir, dengan alasan sakit. Sebaliknya, hingga pukul 12.00 WIB, banyak para anggota DPRD Medan yang tidak masuk kerja, termasuk Amiruddin, sebagai Ketua DPRD Medan.

Pada hari pertama kerja ini, PNS sekretariat DPRD Medan langsung menggelar apel pagi pukul 8.00 WIB yang dipimpin Sekwan MHD Azwarlin Nasution SH. Usai apel, seluruh PNS dan tenaga honor menggelar silaturahmi. Acara salaman dimulai dari Sekwan dengan kabag dan selanjutnya tingkat kasubbag hingga tenaga honor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar