Jumat, 25 Januari 2013

Tahun Ini Pemkab Nagan Bebaskan Lahan

JEURAM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya dalam tahun 2013 ini akan membebaskan lahan masyarakat sepanjang 500 meter dan lebar sekitar 30 meter guna memperpanjang landasan pacu Bandara Cut Nyak Dhien (CND) di Desa Kubang Gajah, Kecamatan Kuala Pesisir dari total panjang saat ini 1.900 meter menjadi 2.400 meter. Upaya memperpanjang landasan pacu ini dimaksudkan agar Bandara tersebut dapat didarati pesawat berbadasn besar jenis Boeing 737. 

“Dengan adanya penambahan panjang landasan pacu ini, diharapkan Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing,” kata Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini, Jumat (25/1) di Jeuram.

Menurut Bupati, rencana penambahan landasan pacu tersebut telah disetujui oleh Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah dengan anggaran sebesar Rp 3 miliar yang tertuang dalam Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA).

Dikatakannya, selama ini Bandara CND sudah bisa didarati pesawat berkapasitas 72 penumpang seperti Wings Air. Ke depan setelah penambahan panjang landasan pacu  maka diharapkanpesawat berbadan lebar lainnya bisa membuka jalur penerbangan ke wilayah itu. “Intinya kita berharap, dengan penambahan landasan pacu, maka pembangunan dan investasi di Nagan Raya semakin lebih baik,” pungkasnya.

Seperti ditulis dalam id.wikipedia.org, Bandara Cut Nyak Dhien yang terletak di Nagan Raya saat ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.900 dan lebar 23 m. Selama ini di Bandara tersebut didarati pesawat Susi Air yang terbang menuju Banda Aceh (BTJ) dan Medan (MES). Bandara ini sebelumnya bernama Bandar Udara Cut Nyak Dhien Meulaboh. Pada tanggal 7 Juni 2008 namanya resmi berubah menjadi Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar