Jumat, 25 Januari 2013

Bupati Abdya Lantik 25 Pejabat

BLANGPIDIE - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir Jufri Hasanuddin MM melancarkan mutasi terhadap 33 pejabat eselon II dalam acara pelantikan di Gedung DPRK Abdya, Jumat (25/1) sore. Di antara 33 pejabat yang terkena gelombang mutasi itu, sebanyak delapan orang dibangkupanjangkan atau ditempatkan sebagai staf pada Setdakab setempat. Sebanyak 25 pejabat eselon II yang dilantik itu terdiri dari kepala dinas, kepala badan, asisten, dan staf ahli.

Tiga di antara mereka adalah pejabat “impor” atau yang bertugas di luar Kabupaten Abdya,  yaitu Weri SE MM (Dosen Fakultas Ekonomi Unsyiah) dipercayakan sebagai Ketua Bappeda, Drs Yusnaidi MPd (mantan Kepala SMA Modal Bangsa Banda Aceh) sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), dan  Ir Adusmin MM (Kabid Program dan Pelaporan pada Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi Aceh) menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistannak) Abdya.

Lalu, di antara pejabat yang dilantik tersebut, ada yang bergeser tempat, ada mantan pejabat periode sebelumnya, ada pula yang berasal dari staf diperbantukan, dan ada yang mendapat promosi dari eselon III ke eselon II. Kemudian dari kepala sekolah, dilantik menjadi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Di antara 25 pejabat yang dilantik, terdapat satu orang perempuan, yaitu  Dra Rabiatul Adawiyah Z MKes, menjadi Kepala Badan Pembedayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera, sebelumnya Staf pada RSU Teungku Peukan Abdya (lihat fotonya).

Acara pelantikan itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Abdya Yusrizal Razali, Ketua DPRK M Nasir, Dandim 0110 Letkol Arm E Dwi Karyono AS, Kapolres AKBP Eko Budi Susilo SiK, Kajari Blangpidie diwakili H Hazwar SH, Ketua MPU Tgk H Abdurrahman Badar, Sekda Drs Ramli Bahar serta tokoh masyarakat dari berbagai unsur, termasuk istri dari masing-masing pejabat yang dilantik.

Bupati Jufri Hasanuddin mengawali pengarahan dengan mengucapkan tiga kali kalamat Allahuakbar. “Kita bertanggungjawab kepada Allah SWT,” tegasnya. Dia meminta kepada pejabat yang dilantik untuk bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas sebagai sebuah amanah.

Kepada mereka yang mendapat kepercayaan menempati jabatan tertentu secara tegas diminta untuk dapat menunjukkan kemampuan dan keahliannya. “Selama enam bulan ke depan, kami melakukan evaluasi. Bila hasil ternyata tidak mampu, maka saya tidak segan-segan untuk menganti dengan yang lain,” tegas Bupati Jufri Hasanuddin yang disambut aplus para undangan.
Ketegangan Saat Pelantikan 

 
PROSESI pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) yangdigelar di Gedung DPRK, Jumat (25/1) sore kemarin, sempat diwarnai suasana tegang. Pasalnya, Tgk M Nasir Alue, salah seorang Petinggi Kemite Peralihan Aceh/Partai Aceh KKPA/PA) Abdya  sempat menerobos masuk ke deretan kursi yang diduduki Bupati Jufri Hasanuddin, didampingi Wakil Bupati Yusrizal Razali dan pejabat Muspida lainnya.

Namun peristiwa itu tidak sampai mengganggu prosesi pelantikan yang sedang berlangsung. Bupati Jufri Hasanuddin yang saat itu sudah bangkit dari kursi untuk melakukan pengambilan sumpah para pejabat, segera naik ke podium. Sedangkan Tgk M Nasir Alue segera keluar dari pintu samping balkon. 

Tidak lama kemudian, Tgk M Nasir Alue, bersama Ketua DPW PA Abdya Tgk M Nazir  dan kawan-kawan,  meninggalkan gedung DPRK menuju ke Sekretariat DPW Partai Aceh (PA) di pinggir jalan nasional Desa Geulumpang Payong, Blangpidie. Di sana para petinggi KPA/PA  itu menggelar konferensi pers. 

Pada kesempatan itu,  Ketua DPW PA Abdya, Tgk M Nazir, mengatakan, tidak ada penghadangan terhadap bupati oleh salah seorang petinggi KPA/PA. Tapi yang ada, hanya salah seorang petinggi KPA/PA ingin menghampiri bupati dengan maksud untuk mengatakan atau menanyakan tentang kenapa pengangkatan para pejabat eselon II yang dilantik tersebut tidak dikonsultasikan sebelumnya dengan DPW PA Abdya dan KPA Wilayah Blangpidie.

“Siapapun yang dilantik kami dukung. Tapi yang kami sesalkan atas kebijakan dan keputusan yang dijalankan oleh Bupati Jufri Hasanuddin, tanpa basa basi dengan PA,” ungkap Tgk Nazir.

mereka yang dilantik

* Erizal SH, Asisten Pemerintahan
* Indra Sukma SH, Asisten Administrasi Umum
* Drs Yusnaidi MPd, Kadis Pendidikan.
* Drs Martunis M Kes, Kadis Kesehatan
* Jasman SPd, Kadis Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi
* Ir Much Tavip MM, Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
* Rahwadi AR ST, Kadis Pekerjaan Umum
* Ir Adusmin MM, Kadis Pertanian dan Peternakan.
* Drs H Sulaiman MM, Kadis Kelautan dan Perikanan
* Nyak Seh SH, Kadis Pendapatan
* Drs Amirman Adnan, Pj Kadis Syariat Islam Syariat Islam.
* TR Syahril SPd, Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga
* Rajuddin SPd MM, Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM
* T Iskandar SE, Kadis Pengeloaan Keuangan dan Kekayaan
* Weri SE MM, Kepala Bappeda
* Dra Rabiatul Adawiyah Z Mkes, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Sejahtera
* Drs Yusan Sulaidi, Kepala Badan Pembinaan Pendidikan Dayah
* Ir Adian Nur MSi, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan 
* Yuswazir SP, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan                 
* Jusbar, Pj Kepala Badan Penanggulangan Bencana
* H Zainuddin SP, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pertanian
* M Nasir G SH, Staf Ahli Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
* Drs Ahmad Adami, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik
* Drs Mac Rivai MSi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh
* H Khadry A SH MM, Staf Ahli Bidang Kesra

pejabat diperbantukan

* Tantawi S Sos, mantan Asisten Administrasi Umum.
* Azwar MR SPd MM, mantan Kadis Kelautan dan Perikanan.
* Ir H Zuriat, mantan Kadis Sosial dan Tenaga Kerja.
* Amrizal S Sos, mantan Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.
* Drs Thamrin, mantan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan.
* Edi Darmawan S Sos, mantan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pertanian.
* Darwis SPd MM, mantan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pertanian.
* Suparman SP, mantan Kepala Kantor Penyukuhan Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar