Selasa, 09 Agustus 2011

Pacuan Kuda Masuk Nominasi

BANDA ACEH - Foto “Pacuan Kuda Tradisonal Gayo” karya Fotografer  Indonesia, Budi Fatria, masuk nominasi dalam 10 besar Lomba Foto Kebudayaan Indonesia 2011. Lomba foto dengan tema Keindahan Indonesia (Wonderful Indonesia) itu memperebutkan piala Presiden Indonesia.

Mereka yang masuk nominasi akan bersaing di Jakarta memperebutkan juara pada 16-18 Agustus mendatang. Budi, panggilan akrab Budi Fatria, mengetahui dirinya masuk 10 besar setelah dihubungi panitia, Jumat (5/8) pagi. 

Dua hari sebelumnya, Rabu (3/8), informasi itu juga diumumkan melalui website senimedia.org, Kamis (4/8). Dalam pengumuman itu, disebutkan tim juri telah menyeleksi 1.453 karya foto kategori umum. 

Dalam kegiatan memperingati HUT ke-66 RI, panitia juga mengadakan lomba foto memperebutkan piala Presiden untuk kategori pelajar dan mahasiswa. Kriteria penilaian dalam menetapkan karya foto masing-masing 10 nominasi adalah kesesuaian tema, daya, keunikan, dan harmonisasi. 

Tim juri diketuai Goenadi Haryanto, dan anggota Arbain Rambey, Darwis Triadi, Ferry Ardianto, serta Franz Djayaatmadja. Adapun foto karya Budi yang masuk dalam 10 nominasi itu berjudul lomba pacuan kuda tradisional Tanah Gayo, Aceh Tengah. 

“Ada empat foto yang saya kirim, alhamdulillah foto tersebut masuk 10 nominasi. Sebelumnya saya tidak pernah menyangka masuk nominasi karena itu lomba nasional yang tentunya banyak diikuti fotografer profesional lainnya di seluruh Indonesia,” kata Budi malam tadi.

Menurut Budi, foto lomba pacuan kuda tradisional itu diabadikannya  ketika berkunjung ke Takengon, Aceh Tengah, beberapa bulan lalu. Sedangkan tiga karya foto lainnya yang dikirimnya dalam lomba itu adalah hasil jepretannya dalam perlombaan di Banda Aceh, yaitu lomba layangan, adu sapi, dan lomba putri bungong. “Setiap peserta dibolehkan mengirim lima hasil karya, tapi saya mengirim empat hasil karya terbaik yang saya abadikan antara 2010-2011,” ucapnya.

Dihubungi malam tadi, seorang panitia Yanti mengatakan ke-10 peserta yang masuk dominasi itu diundang ke Hotel Marcolo, Jakarta, 16-18 Agustus 2011. “Pada tanggal 17 Agustus 2011, peserta hunting foto ke Kota Tua dan Taman Mini Indonesia Indah, tapi jadwal ini masih tentative (belum pasti). Kalau tidak jadi hunting, berarti yang dinilai tim juri adalah hasil karya yang sudah ada,” jawab Yanti. 

Pengumuman juara dijadwalkan pada Kamis (18/8) malam di Hotel Marcolo yang akan dihadiri Presiden SBY dan akan disiarkan salah satu TV swasta nasional. Adapun hadiah untuk kategori umum mulai juara I sampai juara harapan II mendapat Piala Presiden dan piagam. Di samping itu, juara I memperoleh uang Rp 20 juta, juara II Rp 10 juta, juara III Rp 7,5 juta, juara harapan I Rp 5 juta, dan juara harapan II Rp 3 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar