Senin, 14 April 2014

UN di Aceh

Siswa SMA sederajat di tiga kabupaten/kota, Jumat (11/4) melakukan doa bersama disejumlah lokasi terpisah. Doa bersama menyambut ujian nasional (UN) itu digelar di Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Bireuen.

Di Lhokseumawe, seribuan siswa dari 30 SMA sederajat doa bersama di sekolah masing-masing. Doa bersama dengan cara membaca yasin dan zikir itu juga dirangkai dengan tausiah oleh guru agama setempat.

“Doa bersama di semua sekolah dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 09.00 WIB. Kegiatan itu diikuti seluruh siswa dan guru,” ujar Kabid Dikmen Disdikpora Lhokseumawe, Nasruddin.

Pada bagian lain ia menjelaskan, soal UN untuk Lhokseumawe sudah diterima pihaknya Kamis (10/4) sekitar pukul 17.00 WIB. Menurutnya, soal UN akan didistribusikan tiap hari sesuai mata pelajaran yang diujiankan. Sebab, jarak dinas dengan sekolah bisa dijangkau pada hari pelaksanaan ujian. “Kita tidak distribusikan soal Un sekaligus untuk menghindari kebocoran,” ungkap Nasruddin seraya menyebutkan peserta UN SMA sederajat di kota itu 3.405 orang.

Di Aceh Utara, ribuan peserta Ujian Nasional (UN) mulai tingkat SD sampai SMA sederajat bersama guru, kemarin, mengikuti doa bersama di Masjid Bujang Salim Dewantara, dan Masjid Agung Lhoksukon. Doa bersama di Dewantara turut dihadiri Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib dan para pejabat Setdakab setempat. Sedangkan di Lhoksukon ikut dihadiri Wakil Bupati, Drs M Jamil MKes.

Wakil Ketua Panitia UN Aceh Utara, Mawardi, kemarin menyebutkan, peserta UN SMA sederajat dari 80 sekolah di kabupaten itu mencapai 7.217 orang. Untuk tingkat SMP sederajat 10.224 orang dan SD dari 394 sekolah sebanyak 12.177 orang. “Persiapan UN sudah matang, hanya menunggu pelaksanaan saja. Soal UN masih diamankan di gudang dengan dijaga polisi. Ketika didistribusikan nanti juga dikawal polisi,” ujarnya.

Kegiatan serupa juga berlangsung di Bireuen. Ratusan siswa SMA/MA di kabupaten itu, kemarin melakukan doa bersama dan mendengar ceramah agama di sekolah masing-masing. Sekolah yang melaksanakan doa bersama itu antara lain SMAN 1 dan SMAN 3 Bireuen, SMAN 1 Peudada, MAN Bireuen, dan MAN Peusangan. Kasie Pendidikan Madrasah Kanmenag Bireuen, M Anis SAg kepada Serambi mengatakan, hampir seluruh madrasah di Bireuen tadi pagi (kemarin) juga melakukan doa bersama dan mendengar ceramah agama.

Sementara itu, logistik UN untuk Bireuen sudah tiba di kabupaten itu pada Kamis (10/4) sore. “Soal serta lembaran jawaban UN sudah diamankan di gudang kawasan Bireuen dan akan didistribusikan ke sekolah-sekolah besok (hari ini-red) dengan dikawal polisi,” katanya.Soal Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran Biologi jurusan IPA SMA dengan sampul Kabupaten Pidie Jaya, ditemukan 'nyasar' ke Kabupaten Aceh Barat Daya, tepatnya di SMA 1 Susoh, pada hari pertama UN, Senin (14/4/2014).

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat Daya, Yusnaidi menyebut hal itu tak bermasalah pada pelaksanaan UN di sekolah setempat. Mneurutnya, hal itu Karena soalnya sama, yaitu mata pelajaran Biologi pada jam kedua jurusan IPA SMA.

"Hanya sampulnya saja, soal dalam sampul sama, yaitu biologi," kata Yusnaidi, ketika meninjau UN di SMA 1 Susoh, bersama Wabup, Yusrizal Razali, Senin siang.

Kepala SMA 1 Susoh, Rina S menjelaskan, jumlah siswa/siswi sekolah dipimpinnya yang mengikuti UN tahun ini adalah 189 peserta. Mereka terbagi dalam jurusan IPA 95 peserta dan IPS 93 peserta.

"Satu siswa tidak ikut karena menderita sakit, yaitu Laila Rahmadhani, jurusan IPS," kata Rina S.




Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UN) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Meureudu, Pidie Jaya, Senin (14/4/2014) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terpaksa dihentikan. Hal itu dikarenakan kekeliruan pengisian biodata siswa pada Lembaran Jawaban Komputer (LJK) dengan kode soal ujian.

Penghentian UN bidang Bahasa Indonesia di MAN 1 Meureudu tersebut, terungkap setelah Kepala Sekolah menanyai kepada Pegawas Silang (PS) yang ditempatkan disekolah tersebut dalam membagikan soal logistik UN.

Ternyata, pengawas silang tersebut terlebih dahulu membagikan LJK yang disobek dari paket soal UN kepada siswa untuk mengisi biodata dan kede soal ujian, baru 15 menit kemudian membagikan soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar