Selasa, 30 April 2013

PNPM dorong percepatan pembangunan infrastruktur


Bupati Toba Samosir, Sumatera Utara, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, menilai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) berperan mewujudkan percepatan pemerataan pembangunan sarana infrastruktur hingga ke pelosok desa.

“Pembangunan yang dilaksanakan lewat program PNPM-MP telah dengan nyata memberikan perubahan di sejumlah desa,” katanya, di Balige, hari ini.

Menurut dia, PNPM-MP telah memberi dampak positif bagi warga Toba Samosir yang ditandai dengan beberapa peningkatan, di antaranya dalam hal kapasitas masyarakat dan lembaga desa, kualitas dan kuantitas sarana prasarana, serta terlembaganya jaringan kemitraaan dalam pembangunan.

Dari sisi pembangunan sarana infrastruktur desa, lanjutnya, telah pula selesai dibangun sejumlah sarana dan prasarana pertanian yang diperkirakan mampu meningkatkan produktivitas hasil panen petani, terutama padi sawah.

Hal senada juga kembali diungkapkan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak ketika meresmikan sejumlah proyek infrastruktur yang didanai melalui PNPM-MP di Kecamatan Bonatua Lunasi, baru-baru ini.

Sarana infrastruktur yang telah direalisasikan pembangunannya di Kecamatan Bonatua, antara lain jalan di Desa Lumban Sangkalan sepanjang 992 meter dan jalan di Desa Nagatimbul Timur sepanjang 1.005 meter.

Selanjutnya, pembangunan sarana irigasi di Desa Silamosik II sepanjang 751 meter, pembangunan irigasi di Desa Nagatimbul sepanjang 350 meter, dan pembangunan tembok penahan tanah di Desa Sibadihon sepanjang 954 meter.

Selain itu, PNPM-MP selama tahun anggaran 2012 juga membangun satu jembatan di Desa Partoruan Lumban Lobu, saluran irigasi sepanjang 600 meter di Desa Partoruan Lumban Lobu, tembok penahanan tanah di Desa Lumban Sangkalan sepanjang 600 meter.

Total dana PNPM-MP yang dialokasikan untuk menopang sejumlah proyek di kecamatan itu sebesar Rp1,.750 miliar. Pandapotan berharap warga masyarakat perlu terus berperan aktif dalam mendukung program pembangunan, termasuk PNPM-MP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar